Selasa, 24 Juli 2012

jaga sikapmu = jaga masa depanmu


Tulisan ini  merupakan tulisan mengenai  perjalanan teman saya dalam menapaki hidup yang penuh dengan pernak perniknya, hidup adalah rangkaian peristiwa yang bisa berganti setiap saat bahkan setiap detiknya, didalamnya ada cobaan, ujian, hambatan dan ancaman pada sisi lainnya ada kebahagiaan, kesenangan dan kemakmuran. Bahkan teman saya pernah ngobrol sama dia mengatakan bahwa hidupnya tidak pernah susah. Kalau ada kesulitan keuangan tinggal teriak, maka dana yang dibutuhkannya datang. Ada sisi lain ada yang bilang kenapa ya kok hidup saya susah dan sulit terus, sepertinya Tuhan tidak sayang pada saya. Sebuah dikotomi kehidupan yang nyata dan itu ada disekeliling kita, kadang saya dan paramitrapun mengalaminya. Dan harapan saya bahwa kita tidak ada dalam kutukan karena perbuatan kita karena kita menzolimi orang lain sehingga musibah demi musibah datang, semoga saja tidak ya paramitra.
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan (QS :1 :5)
Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (QS : 2 :45 )
Tuhan telah membuka ruang untuk kita semua untuk minta tolong seperti Surat dan Ayat Qur”an  yang saya sebutkan diatas, dan ketika pertolongan yang datang tentunya tidak langsung datang dari langit dia datang dalam proses yang terus menerus dan kuncinya disikap dan persepsi kita. Kenapa saya katakan demikian, seperti kejadian saya kemarin saya punya waktu (ashr) sampai jam 7 malam, Alhamdullillah jam 14.15 menit selesai,terus terang saya tidak tahu harus bagaimana, namun harus saya sikapi dengan persepsi bahwa Tuhan datang dengan pertolongannya dengan tidakdiduga - duga dengan kata ‘” DENGAN SABAR” ,pertanyaannya sabar yang bagaimana. Sabar dalam usaha dan doa yang berkelanjutan, hal itu tidak mudah dan juga tidak sulit kuncinya adalah ” MENJAGA SIKAP POSITIF”
Saya juga tidak akan menafikan bahwa kadang kita stress, dan yang penting jangan sampai kecewa. Karena masalah tiada akan henti dan tentunya Tuhan juga akan memberi solusinya, dengan cara sabar dalam berusaha. Namun banyak orang salah mempersepsikan, Tuhan mengatakan Sabar sebelum kata Sholat, kebanyak yang ada banyak orang yang sholat untuk meminta petunjuk dan meminta pertolongan pada Tuhan sampai ratusan kali namun kemapanan hatinya tidak sabar sehingga tidak ada sinkronisasi antara  bahas akal pikir dan akal hati sementara dalam penjagaan sikap harus sinkron antara akal ahati dan pikir.
Ada teman saya yang mengatakan, menulis memang mudah namun kenyataannya sulit. Saya memahami dan menyadari pendapat teman saya, maka saya coba merangkaikan kata ini dalam bentuk tulisan sebagai bentuk penguatan orang orang yang sedang mengalami kesulitan, bahkan mungkin ada yang lebih berat dari saya, maka doa saya semoga saja Alloh membantu paramitra untuk terserahkan, bahkan dalam tulisan saya Vence Marines, kalau perlu kita menyerah. Menyerah yang bagaimana, ‘MENYERAH DALAM RENGKUHAN TUHAN” maka biarlah Tuhan yang menyelesaikan masalah kita karena sumbernya adalah Tuhan dan itu dimulai dalam ” MENJAGA SIKAP KITA PADA ALLOH”
semoga tulisan ini mencerahkan kita semua, dan ALLOH selalu memberi jalan yang terbaik dari yang terbaik DALAM BERKAHNYA, HIDAYAHNYA, TAUFIKNYA SEHINGGA MENDAPATKAN KEMANFAAT AKHIRAT DAN DUNIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar